HOT NEWS
medanLinux Community

11

Sep

AirPutih dan Penggiat Open Source Aceh Bikin Repository Lokal
Written by rwins   
 Kemarin saya surfing atau keliling-keliling dunia maya. Akhirnya saya berhenti di website KPLI Aceh, membaca berita-berita yang ada disana. Saya menemukan berita tentang rencana pembuatan Repository atau tempat penyimpanan data lokal. Repository ini akan berisi installer berupa ISO beberapa distribusi Linux seperti CentOS, Fedora, Ubuntu, Open Suse dan Debian serta up date terbaru software-software Open Source itu. Tak hanya itu peket-paket software untuk open source juga akan disediakan seperti OpenOffice, Gimp atau aplikasi lain. Mereka yaitu AirPutih dan penggiat open source Aceh terdiri dari

    * Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Aceh
    * Badan Pengolah Data Eletronik (BPDE) Propinsi NAD
    * dan Pusat Open Source Software (POSS) Unsyiah

Sebagai koordinator AirPutih Regional Aceh, Okta Setiawan menuturkan rencana pembuatan repository ini berguna untuk memudahkan up date aplikasi open source. “Dengan adanya repository lokal, maka hal-hal yang bersifat up date tidak perlu lagi lari ke repository luar, tapi bisa langsung ke server repository yang ada di BPDE dan POSS Unsyiah,” kata dia. Dengan adanya repository ini para pengguna tak perlu mencari up date software open source ke repository luar sehingga menghemat Bandwith dan proses up date lebih dekat dan tidak putus-putus.
Last Updated on Tuesday, 28 October 2008 21:50
 

11

Sep

Pelaksanaan Seminar Linux Nasional
Written by rwins   
 Setelah lebih dari 4 tahun vakum akhirnya KPLI Medan bangkit kembali. Pada kesempatan ini KPLI Medan mengadakan Seminar Teknologi Informasi dengan Tema “Linux Sebagai Pelayan dalam Bidang Pendidikan dan Dunia Usaja” yang diadakan oleh KPLI Medan (MedanLinux Community) di AULA AMIK MBP Pada Sabtu, 8 Maret 2008 telah terlaksanakan dan melampaui Kapasitas target yang diharapkan oleh Panitia.

Awalnya Panitia mentargetkan Peserta sebanyak 200 orang, hingga hari H terakumulasi peserta sebanyak 260 orang. Ini menandakan antusiasme warga Medan akan Linux dan Stop Pembajakan sangat besar. Pada saat acara tersebut juga para Pengurus KPLI Medan berkumpul dengan KPLI Rantau Prapat.

Sebagi Keynote Speaker Pada acara tersebut adalah Pak Rusmanto Maryanto yang merupakan Ketua YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonsia) dan Pak Bambang Nurcahyo Prastowo (Staf Akademik, Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada - Seperti terlampir di Websitenya).
Last Updated on Thursday, 11 September 2008 04:01
 

11

Sep

OpenSUSE-Education 1.0: Linux Anak Sekolahan
Written by rwins   
 Seperti Edubuntu yang ditargetkan untuk anak sekolahan, distribusi openSUSE memperkuat advokasinya di sektor pendidikan dengan merilis openSUSE-Education 1.0. Produk dari proyek opensuse-education.org ini menawarkan aplikasi khusus yang disediakan bebas untuk semua urusan pendidikan.
 
 
Meningkatnya penggunaan Linux di dunia pendidikan mendorong openSUSE membentuk distro khusus dengan tim yang mengakomodasikan saran dan kontribusi dari dunia pendidikan. Pilihan software yang disertakan juga tidak terlepas dari saran yang disampaikan sekolahan kepada proyek openSUSE-Education .

Rilis edisi perdana openSUSE-Education ini menggunakan openSUSE 10.2 sebagai basis mengemas sejumlah paket software untuk pendidikan. Instalasi paket Add-On yang terintegrasi dengan openSUSE-Installation mengadung Autostart-Skript yang secara otomatis meluncurkan YaST-Addon-Manager menampilkan daftar sekitar 100 paket software pendidikan yang disertakan.

Disadur dari : http://gudanglinux.com/
 

11

Sep

DEKLARASI BERSAMA Indonesia Go Open Source (IGOS)
Written by rwins   
 Kementerian Riset dan Teknologi tgl 30 Juni 2004 men-Deklarasikan penggunaan Open Source Software yang ditandatangani bersama oleh : Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Komunikasi dan Informasi, Menteri Kehakiman dan HAM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Menteri Pendidikan Nasional.

Pada kesempatan event tersebut dihadiri dan disaksikan oleh :

    1. Lembaga Pemerintah/badan Riset
    2. Perguruan Tinggi
    3. Pengembang
    4. Asosiasi
    5. Komunitas Open Source
 
Naskah Deklarasi :

menteri-menteri dalam IGOSDEKLARASI BERSAMA Indonesia Go Open Source (IGOS)
Last Updated on Thursday, 11 September 2008 04:03
 

11

Sep

XO, Sebuah Bentuk Perhatian Microsoft untuk Pendidikan
Written by rwins   

 Microsoft, perusahaan software terbesar dunia, Selasa kemarin mengumumkan salah satu langkah kepeduliannya terhadap pendidikan anak-anakkurang mampu. Program ini dikhususkan bagi anak-anak kurang mampu yang ada di Amerika. Dengan mengadopsi versi Windows XP yang ada, Microsoft menggagas penyediaan laptop gratis untuk anak-anak tersebut.
Ms-OLPC.


Selain itu, langkah ini diambil Microsoft dalam rangka membendung rivalnya, Linux, dalam menguasai pasar. Karena seperti yang kita tahu, Linux bersifat gratis, sehingga anak-anak yang kurang mampu pasti akan memilih Linux sebagai Sistem Operasi. Apalagi versi-versi terbaru Linux saat ini semakin matang dalam interaksi antar mukanya. Tentu saja ini bukan kabar baik bagi pihak Microsoft.

Last Updated on Thursday, 11 September 2008 03:36
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 Next > End >>