HOT NEWS
medanLinux Community

12

Jan

Firefox Rasa Vim -- Vimperator PDF Print E-mail
Written by Fachrurozi Nasution   

Bagi linuxer yang sudah terbiasa dan senang menggunakan vim, vimperator akan menjadi salah satu add-on yang bakal digemari  ketika menggunakan Firefox. Pada Situs Resminya (vimperator.org) dikatakan

"Vimperator is a Firefox browser extension with strong inspiration from the Vim text editor, with a mind towards faster and more efficient browsing. It has similar key bindings and you could call it a modal web browser, as key bindings differ according to which mode you are in. For example, it has a special Hint mode, where you can follow links easily with the keyboard only. Also most functionality is available as commands, typing :back will go back within the current page history, just like hitting the back button in the toolbar."

Vimperator merupakan ekstensi browser firefox dengan inspirasi yang kuat dari Vim editor teks. Dengan kata lain vimperator mempermudah kita untuk browsing lebih cepat dan lebih efisien. Vimperator dapat diunduh di situs resminya Vimperator.org.

 

Last Updated on Wednesday, 12 January 2011 15:29
 

22

Aug

Business Intelligence With Pentaho PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   

 

 

 

 

Tidak bisa dipungkiri lagi, setelah saya melihat dan mencoba langsung Pentaho. Saya berpkir yakni Pentaho Data Integration adalah primadona aplikasi favorit saya. Beberapa terakhir ini Pentaho dapat membantu saya memecahkan beberapa permasalahan yang sering saya alami yakni pengolahan data yang sulit dan melibatkan banyak sumber data. Hampir tidak ada kasus/permasalahan yang tidak dapat dipecahkan oleh Pentaho baik dari sisi performa maupun solusi yang tepat.


Pentaho sebenarnya merupakan koleksi aplikasi sebagai berikut :


1. Pentaho Reporting

2. Pentaho Analysis

3. Pentaho Data Integration

4. Pentaho Data Mining

5. Pentaho BI Server



Kesimpulan yakni :

Pentaho merupakan aplikasi Pentaho adalah kumpulan aplikasi Business Intelligence (BI) yang berkembang dengan pesat dan bersifat free open source software (FOSS)  yang berjalan di atas platform Java.

 

11

Sep

OpenSUSE-Education 1.0: Linux Anak Sekolahan PDF Print E-mail
Written by rwins   
 Seperti Edubuntu yang ditargetkan untuk anak sekolahan, distribusi openSUSE memperkuat advokasinya di sektor pendidikan dengan merilis openSUSE-Education 1.0. Produk dari proyek opensuse-education.org ini menawarkan aplikasi khusus yang disediakan bebas untuk semua urusan pendidikan.
 
 
Meningkatnya penggunaan Linux di dunia pendidikan mendorong openSUSE membentuk distro khusus dengan tim yang mengakomodasikan saran dan kontribusi dari dunia pendidikan. Pilihan software yang disertakan juga tidak terlepas dari saran yang disampaikan sekolahan kepada proyek openSUSE-Education .

Rilis edisi perdana openSUSE-Education ini menggunakan openSUSE 10.2 sebagai basis mengemas sejumlah paket software untuk pendidikan. Instalasi paket Add-On yang terintegrasi dengan openSUSE-Installation mengadung Autostart-Skript yang secara otomatis meluncurkan YaST-Addon-Manager menampilkan daftar sekitar 100 paket software pendidikan yang disertakan.

Disadur dari : http://gudanglinux.com/
 

18

Oct

Linux not about Free, it's FREEDOM PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   

 

Benarkah Linux itu gratis ...???

It's not about Free ... it's FREEDOM

Linux itu Free ... begitu banyak pernyataan yang sering kita dengarkan. Kata Free jika diartikan dalam bahasa Indonesia ternyata mempunyai 2 arti, yaitu gratis dan bebas. Kata gratis dan bebas jelas berbeda artinya.

Nah, sayangnya di Indonesia ternyata banyak orang lebih suka mengkaitkan Linux dengan arti kata gratis, bukannya bebas atau merdeka. Padahal ... Richard Stallman - pendiri Free Software Foundation (FSF), dalam bukunya Free as in FREEDOM - lebih mengkaitkan Linux dengan kata bebas atau merdeka, bukannya gratis.

Jadi, Linux - menurut pendiri FSF - bukanlah berbicara tentang Free (Gratis), tapi Freedom (Kebebasan).

Kesalahan tentang Linux yang terus berlanjut

Namun ... entah mengapa di Indonesia kata kebebasan dan kemerdekaan ternyata lebih sulit diucapkan daripada kata gratis. Tidak mengherankan jika sampai sekarangpun masih cukup banyak penggiat Linux yang lebih suka menyebutkan Linux itu Gratis daripada Bebas atau Merdeka.

 

Tapi sebetulnya, sedikit banyak hal ini bisa kita mengerti ... karena ternyata usaha untuk memasyarakatkan Linux di Indonesia memang bukanlah pekerjaan mudah. Banyak pengguna komputer di Indonesia yang sudah terbuai dan terlelap dengan kenyamanan penggunaan perangkat lunak bajakan dan bahkan sudah terikat erat pada belenggu perangkat lunak seperti halnya pecandu rokok atau narkotika yang susah melepaskan ketergantungannya.

Last Updated on Thursday, 18 October 2012 03:11
 

11

Sep

Ngoprek Bareng MedanLinux Community PDF Print E-mail
Written by rwins   
Sabtu, 26 Juli 2008 segenap teman-teman di MedanLinux Community melakukan pertemuan di rumah saudara Muhfi A Sagala. Pada pertemuan tersebut kita melakukan ngoprek bareng sebagai penerapan dari workshop-workshop kita selama ini.

Adapun yang menjadi bahan oprekan saat itu berupa instalasi jaringan dan koneksi internet. Kita memulai dari pengenalan dasar jaringan linux.

Alat-alat yang kita butuhkan pada saat itu berupa :

    * RJ-45 (Fauzi Simbolon)
    * Kabel UTP (said)
    * HUB (Erwin D Sitanggang)
    * Modem ADSL (Muhfi Sagala)
    * Router Wi-Fi (Wardi)
    * Crimping Tool (Fauzi Simbolon, Muhfi)
    * Koneksi Internet (Muhfi)
    * Cabel Tester (Fauzi Simbolon)
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 5 of 18