HOT NEWS
medanLinux Community

15

May

Workshop Linux Kelompok Study Linux Universitas Sumatera Utara PDF Print E-mail
Written by Bober Sinaga   

Salam open source ...
Kelompok Pengguna Linux Medan atau yang sering di sapa Medan LInux Community mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam acara kegiatan yang di selenggarakan oleh rekan rekan KSL-USU (Kelompok Study Linux Universitas Sumatera Utara),Sabtu 19 Mei 2012 dengan Thema Workshop "Linux Installation dan Configure The Application".
Dalam acaranya KSL-USU memberikan Fasilitas berupa:
LinuX OS, Modul, Snack, Sertifikat, Doorprize
dan kontribusinya yang sangat ekonomis.
Workshop  Linux Kelompok Study Linux Universitas Sumatera Utara

Last Updated on Tuesday, 15 May 2012 14:55
 

15

Feb

Membuat script ejecter modem USB PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   

Tutorial ini saya coba kembangkan atas dasar mencoba untuk memudahkan dalam menggunakan USB Modem di Linux, terkadang masih saja kita menggunakan berbagai perintah manual sehingga merepotkan End-User dalam menggunakannya, dari berbagai referensi yang saya pelajari & mencoba-coba. Alhamdulillah saya bisa dokumentasikan PR yang saya buat ini karena pada dasarnya saya menggunakan modem SmartFren AC682 masih manual pada awalnya.

Script berikut adalah untuk modem ZTE AC682 pengguna modem lain tentu dapat menyesuaikannya.

1. jalankan Gedit sebagai “sudo” –> sudo gedit

2. coba anda ketikkan secara manual script berikut dan simpan file dengan nama [misal] amir-usbmodem.rules letakkan file tersebut ke /etc/udev/rules.d

##
## This rules are for the new version of udev( > udevinfo, version 173 )
## The command to check the version is : udevadm info -V
## Or : udevinfo -V
##
##############################################################
ACTION==”change”, KERNEL==”sr*”, SUBSYSTEM==”block”, ATTRS{idVendor}==”19d2″, ATTRS{idProduct}==”ffde”, RUN+=”/usr/bin/eject %k”
##############################################################
# ac682
ACTION==”add”, SUBSYSTEM==”usb”, DRIVER==”usb”, ATTR{idVendor}==”19d2″, ATTR{idProduct}==”ffdd”, RUN+=”/usr/bin/new_id.sh 19d2 ffdd”

 

14

Jul

Kopdar MedanLinux 18 Juli 2009 PDF Print E-mail
Written by Muhfi Asbin Sagala   

MedanLinux kembali mengadakan Kopdar (Kopi Darat) Komunitas MedanLinux dan mengundang seluruh pengguna Linux di Kota Medan dan sekitarnya untuk hadir pada :

Hari, Tanggal : Sabtu, 18 Juli 2009

Tempat : Perpustakaan Universitas Sumatera Utara

Waktu : Pukul 16:00 WIB

Acara :

- Silaturahmi.

- Tanya Jawab & Diskusi

- Membahas Pembuatan Kostum MedanLinux Community

- lain-lain

Last Updated on Wednesday, 15 July 2009 02:29
 

22

Apr

KOPDAR II Go Green to Campus Unimed PDF Print E-mail
Written by Fikri Akhyar   

MEDAN, MEDANLINUX.com - Kopdar II KPLI Medan Atau Kopdar Go Green. bersama pengurus,rekan serta anggota kembali digelar di Universitas Negeri Medan pada hari Minggu (21/4) tepatnya disekitaran Gema H.Anif dan stadion Unimed. Kopdar kali ini membahas Realese Party Ubuntu dan Backtarck dan Baju KPLI Medan.

Meski bertepatan Jauh dengan rekan-rekan KPLI Medan yang diketahui serta sibuk Ujian, namun tidak membuat semangat rekan-rekan pecinta linux ini untuk tidak hadir, bahkan terasa sangat kekerabatan dalam Kopdar kali ini dengan adanya session foto. Dengan Minuman Gelas dan gorengan para rekan-rekan ini juga memberikan ide-ide terbaik untuk realese party dan baju KPLI nantinya yang akan diadakan dan dicetak.
Dalam Kopdar Kali ini juga tak kalah berbeda dengan kopdar sebelumnya. Disini salah satu pengurus lama dan dari harapan serta usu juga hadir meramaikan suasana sejuk nan indah itu walaupun menunggu lama tadinya “tutur Ketua” . salah satunya yaitu Bober sinaga.

Kopdar kali ini dibuka dengan Gusra Algeri dari Staf Pengembangan dan dilanjutkan Abdul Rahman selaku ketua MLC sekarang. Lalu dilanjutkan dengan ide realese party serta sharing dan musyawarah tentang baju KPLI Medan yang nantinya akan dipakai. Dengan nantinya akan diadakan realese party Ubuntu dan Backtrack di kota medan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari yang lama dengan yang baru keluar serta fitur tambahan apa saja yang digunakan “tutur ketua” Namun Bober Sinaga berbagi dari pengalaman pengurus lama tentang realese party dia berkata realese party bisa diadakan dimana saja sesuai target dan sasaran yang ingin dicapai, seperti sekolah,kampus,dan outdoor seperti ini tidak menutup kemungkinan untuk bisa diadakan namun ada output yang dicapai ”tutur katanya sambil tersenyum”. Sedangkan Hasib dari harapan dan anak usu lebih menekankan agar lebih baik diadakan disekolah, kampus karena lebih efisien dengan target serta bisa melakukan pengabdian terhadap masyarakat.

Kopdar ini juga Selain ingin meningkan sumut go opensource dalam kegiatan realese pary nantinya juga ingin mempererat rasa kebersamaa antar anggota semua tanpa terkecuali, dan membuat keseragaman di komunitas. Pengurus inti sengaja mengangkat tema "Realese Party Ubuntu dan Backtarck" karena sebentar lagi Ubuntu 13.04 serta backtrack juga akan realese serta membuat keseragaman antar pengurus dengan anggota dalam baju MLC.

Data yang hadir kopdar pada hari ini pun terhitung relative dari kopdar sebelumnya karena banyak kesibukan dari anggota, semua rekan linux dari Kalangan yang berbeda mengaku sangat menikmati acara Kopdar dan mendukung Baju KPLI medan yang akan dicetak nantinya, kegiatan realese party Ubuntu dan backtrack yang akan diadakan nantinya untuk sumut go open source tersebut. Salah satunya akan terbentuknya KSlinux di kampus dan sekolah di kota medan.

Acara Kopdar ini didukung oleh semua Anggota KPLI Medan. Sementara itu acara ini akan berlangsung reguler di tiap bulan sepanjang tahun 2013.

Bergabunglah dengan Medan Linux Fans page untuk update berita linux Medan dan Sekitarnya.

Follow twitter kami di @medanlinux untuk info linux dan kegiatan melalui twitter.

Last Updated on Monday, 22 April 2013 00:15
 

05

Jan

LibreOffice, Lebih Baik dari OpenOffice.org? PDF Print E-mail
Written by Fachrurozi Nasution   

Jakarta - Salah satu berita besar dalam dunia open source tahun 2010 lalu adalah berpisahnya developer OpenOffice.org dari bos besar mereka, Oracle, dan membentuk kelompok sendiri dengan nama The Document Foundation (TDF).

Ketika mengumumkan eksistensi dirinya ke publik, TDF telah didukung oleh berbagai pihak seperti Google, Canonical, Free Software Foundation, Open Source Initiative, Novell, Red Hat dan masih banyak lagi.

Dengan pemisahan diri dari Oracle, TDF membuat office suite sendiri dengan nama LibreOffice. Awalnya TDF berencana menggunakan nama OpenOffice.org jika diizinkan. Sayangnya Oracle menolak ajakan bergabung dalam TDF dan termasuk menolak memberikan nama OpenOffice untuk digunakan.

 

Last Updated on Friday, 07 January 2011 17:35
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 2 of 18