HOT NEWS

30

Jun

Slackware 14 Release PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   






Slackware 14 semakin bertambah umur semakin sering mengalami perubahan. Kali ini beberapa paket inti yang berada di direktori a/ mengalami perubahan total. Beberapa paket diganti menggunakan paket baru, sedangkan sebagian besar lainnya mengalami perbaruan versi.


A. KMod

Paket module-init-tools yang bertanggung jawab dalam proses pengelolaan modul-modul kernel diganti menggunakan paket baru bernama Kmod. Pergantian module-init-tools yang sudah tidak dikembangkan lagi ini, bukan hanya terjadi di Slackware. Hampir semua distribusi linux utama sedang menguji coba perangkat lunak baru ini. Penggantian tersebut berawal dari permintaan para hacker linux (hacker linux sebenarnya) untuk memperoleh sebuah perangkat pengelola modul-modul kernel yang lebih cepat, lebih mudah digunakan, serta masih dapat menggunakan cara-cara lama dalam menangani proses pemuatan modul kernel.


B. NTFS Resmi Baca-Tulis

 

Setelah menunggu sekian lama akhirnya pengguna Slackware dapat menggunakan partisi NTFS dalam operasi baca-tulis. Hal ini dapat terjadi karena paket ntfsprogs telah digabungkan dengan ntfs-3g. Sebelumnya slackware menginstal kedua paket secara terpisah sehingga pengguna sering kebingungan karena meskipun sudah memiliki paket ntfs-3g, mereka tidak dapat melakukan operasi tulis ke dalam filesystem NTFS. Selidik punya selidik, ternyata perintah mount yang dijalankan oleh desktop masih menggunakan program mount.ntfs dari paket ntfsprogs, bukan ntfs-3g. Jadi dengan penggabungan kedua paket tersebut, diharapkan pengguna slackware tidak kebingungan lagi karena secara otomatis perintah mount.ntfs akan menggunakan program ntfs-3g.

 

 


C. Perbaruan Lainnya

Paket libusb juga mengalami perubahan. Jika sebelumnya hingga libusb versi 1.0.8 hanya ada satu paket libusb. Kali ini ada dua paket libusb. Yang pertama adalah paket libusb versi 1.0.9, yang kedua adalah paket libusb-compat 1.0.4. Meskipun sudah banyak distribusi linux lain yang sudah berpindah menggunakan libusbx, slackware masih setia dengan libusb. Mungkin menunggu hingga libusb dan libusbx benar-benar digabungkan. Toh sebenarnya pengembangan libusbx adalah hasil percabangan dari libusb.

Daftar Lengkap dari perubahan-perubahan mendasar pada Slackware-current dapat dilihat di ChangeLog.txt.

Jangan lupa untuk menjalankan proses upgrade sesuai petunjuk yang disarankan termasuk dalam penggunaan Slackpkg.


Last Updated on Monday, 02 July 2012 08:44