HOT NEWS

15

Dec

Ketika Gnome Berganti Unity di Ubuntu 11.04 PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   

Dalam Ubuntu Developer Summit Oktober 2010, Mark Shuttleworth mengumumkan Ubuntu 11.04 akan dirilis dengan Unity sebagai desktop environment bawaan.

Meskipun menggunakan Unity, namun aplikasi yang ditambahkan akan tetap menggunakan aplikasi berbasis Gnome. Sekedar diketahui bahwa Unity adalah desktop environment untuk Ubuntu Netbook Edition sejak versi 10.10.

 

Unity adalah desktop shell yang hanya menggunakan satu desktop dengan tampilan full-screen. Ini bisa dimengerti karena memang Unity adalah desktop shell untuk netbook yang memiliki layar mini. Dan bagi pengguna mahir, kemampuan Unity jauh berbeda dengan Gnome di mana pengguna dapat mengatur jumlah desktop yang diinginkan. Jumlah desktop lebih dari satu adalah kemampuan yang paling diinginkan oleh pengguna mahir yang biasa menggunakan komputernya untuk berbagai hal.

 

 

Bagi end-users perubahan dari Gnome ke Unity bukanlah persoalan yang rumit. Selain tidak jauh berbeda dengan Gnome, Unity juga jauh lebih menarik. Jadi, tenang saja.

Nah, bagi pengguna mahir ini menimbulkan efek yang cukup besar. Unity adalah produk yang masih jauh dari sempurna karena memang masih bayi selain juga tidak cukup mengakomodir keperluan pengguna mahir.

Jadi, pilihan bagi pengguna mahir adalah mengubah desktop shell atau berpindah distro. Ini dunia open source, bukan?

Last Updated on Wednesday, 15 December 2010 05:42