HOT NEWS

11

Sep

Pertemuan dengan SEKDA SUMUT PDF Print E-mail
Written by rwins   
Sebagai kelanjutan dari pertemuan sebelumnya, kita diundang dalam pertemuan mingguan pihak-pihak pemerintah bagian Sumatra Utara yang dilaksanakan di Lantai VIII kantor GUBSU.

Pertemuan ini langsung dipimpin oleh SEKDA SUMUT R.E Nainggolan.
Bapak SEKDA menekankan untuk penggunaan FOSS di kantor-kantor pemerintahan dikarenakan kurangnya dana dari pemerintahan untuk membiaya pembelian software legal, maka diganti kan dengan FOSS.

Sebagai nara sumber pada pertemuan ini adalah Pak Riki dari DEPKOMINFO. Disini Pak Riki mnerangkan langsung kepada semua SKPD dan Operator Komputer dari berbagai Instansi Pemerintah. Apa keuntungan yang didapat dengan menggunakan FOSS ini, bagaimana dampaknya kepada Ekomoni Indonesia, pengaruhnya ke dunia luar (Indonesia masuk dalam 5 besar pembajak Software di dunia).
Pak Riki juga menjelaskan cara berpindah atau migrasi diawali dari hal-hal yang kecil. Migrasi akan diawali dengan mengganti MS-Office dengan OpenOffice.Org. Kemudian disusul dengan migrasi software-software yang lainnya kemudian baru menggunakan linux sebagai Sistem Operasinya.

Pak Riki juga menerangkan beberapa software yang ada di Windows juga ada di Linux.
Kemudian Pak RIki melakukan demo Linux BlankOn Versi Lontara hasil buatan anak negeri yang merupakan turunan Ubuntu.
Selanjutnya Pak RIki memberikan sedikit isu keunggulan dari OpenOffice.Org.

Pertemuan ini dilanjutkan dengan migrasinya beberapa komputer yang ada di Lab Media Center BANKOMINFO. Lab Media Center ini dibuat untuk penggunakan bagi semua kalangan masyarakat.
Dalam migrasi kita menggunakan Linux BlankOn Versi Lontara.

Sebagai Follow Up dari pertemuan ini, pihak DEPKOMINFO bekerjasama dengan BANKOMINFO akan mengadakan pelatihan OpenOffice.Org yang akan diadakan tanggal 21-22 Agustus 2008 di Speedy Learning Center. Disini MedanLinux Community berperan sebagai Fasilitator.

Salam,
MedanLinux Community