HOT NEWS
Cara Akses Konfigurasi Router Cisco PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   
Saturday, 09 July 2011 03:08

Kali ini kita akan membahas mengenai berbagai cara untuk mengakses konfigurasi router cisco, sekedar tambahan ilmu di tempat saya bekerja. Secara umum ada 4 jenis cara yaitu :

 

- Menggunakan Console

- Menggunakan Telnet

- Menggunakan SSH

- Menggunakan Web

 

Console adalah cara awal dan yg paling mudah untuk mengakses konfigurasi router, yaitu dengan mengkoneksikan kabel Console router dari port Console router ke port COM 1 / COM 2 pada Laptop. Setelah itu jalankan program aplikasi HyperTerminal di Start ->All Program -> Accesories -> Communication -> Hyperterminal.

Buatlah sebuah koneksi baru, boleh dinamakan apa saja. Berikut adalah setting parameter HyperTerminalnya :

- Connect Using : COM 1 atau COM 2 Sesuaikan dgn port dimana kabel Console router dikoneksikan
- Bits per Second : 9600
- Data Bits : 8
- Parity : None
- Stop Bits : 1

Berikut adalah cara konfigurasi dasar keamanan akses router:

router>enable
router#conf t
router-config#enable password passwordnya
router-config#end

 
Cara buat (konfigurasi) yum dari hardisk local "Fedora" PDF Print E-mail
Written by bober sinaga   
Thursday, 09 June 2011 16:11

Yang di perlukan :

  • ISO Fedora
  • USB Flashdisk

Untuk Konfigurasi :

  • Buat Folder untuk Mount repo kita tadi..
  • [root@bobersinaga ~]# mkdir /home/repolocal
    [root@bobersinaga ~]# mount -r -o loop /usb flasdisk/file/ Fedora-14-i386-DVD.iso  ke /home/tempat folder yang kita buat tadi/repolocal  [kalau pakai usb]
  • [root@bobersinaga ~]# mount /dev/sr0 ke /home/tempat folder yang kita buat tadi/repolocal  [Kalau pakai DVD]

Sekarang Konfigurasi YUMnya :

Last Updated on Thursday, 09 June 2011 16:55
 
Solusi Ketika Update Ubuntu 10.10 Terjadi Erorr GPG Key PDF Print E-mail
Written by riskiawan   
Wednesday, 01 June 2011 12:53

Apabila update Ubuntu 10.10 anda terjadi erorr seperti ini !!


W: GPG error: http://ppa.launchpad.net maverick Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 531EE72F4C9D234C
W: GPG error: http://ppa.launchpad.net maverick Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 5A9A06AEF9CB8DB0


solusinya adalah Masuk Ke terminal ketikkan

 
Langkah Instalasi Clark Connect Router OS PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   
Sunday, 29 May 2011 05:16

 

 

 

 

Clark Connect merupakan paket piranti lunak yang akan mengubah hardware server menjadi internet firewall, gateway atau server dedicated, serta clark connect sendiri juga merupakan distribusi dari sistem operasi GNU/Linux. Dalam hal ini saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah penginstallan Clark Connect, sebelum melakukan penginstallan hal pertama yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut;

Last Updated on Sunday, 29 May 2011 05:31
 
Beberapa Hal Perbedaan Windows Dan Linux PDF Print E-mail
Written by Amirullah Sinaga   
Friday, 15 April 2011 08:25

Sebagai Sistem Operasi server, Linux dirancang untuk tidak sering dimatikan dalam pengoperasiannya. Pencegahan Memory Leak di linux mendapat porsi perhatian yang lebih besar dibanding Windows. Artinya ketersediaan porsi memori yang digunakan boleh berkurang pada windows karena dalam waktu tidak lama sistem akan dijalankan mulai dari awal lagi.

1. Awal Perkembangannya

Windows berkembang dari dunia komputer mikro yang serba personal. Karena khusus untuk kebutuhan desktop, Windows sangat memfokuskan diri pada kesederhanaan penggunaan (Home Edition)

Linux berkembang dari dunia UNIX dengan segala perkembangan multi-tasking dan multi-usernya. Dengan kata lain linux dirancang dengan karakteristik server atau workstation high end. Linux dikembangkan dengan kemampuan jaringan cukup tinggi dan sejak awal dikembangkan sudah berusaha untuk berjalan pada berbagai arsitektur komputer, sehingga linux tidak menjadikan kebutuhan desktop sebagai kebutuhan besar.

2. Hak Atas Kekayaaan Intelektual

Hampir semua berbagai program-program pada windows mempunyai kepemilikan lisensinya (rata-rata $200 USD) merupakan syarat mutlak untuk penggunaanya.

Sementara linux dan program-program dilain pihak berlisensi gratis dan justru mendorong para penggunanya untuk meyebarluaskan perangkat lunak tersebut.

3. Kelengkapan Program

Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal kalaupun ada mungkin hanya Internet Explorer,Windows Media Player,Notepad dan beberapa program kecil lainnya. Sekalipun linux setelah diinstal akan ditemui banyak program dari semua hampir kategori program seperti Office Suite,Multimedia(sound,graphic,video),Internet(Browser,Email,Chat,Download Messenger,Torrent,News),3D,Games,dan Utillity dll.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Page 2 of 4